Senin, 02 Januari 2017

FUNGSI KECERDASAN BAGIAN OTAK

FUNGSI KECERDASAN BAGIAN OTAK






HEMISFER KANAN DEPAN DIAKTIFKAN OLEH
HORMON ENDORFIN

Hormon ini cenderung memberi efek rileks, biasanya membantu meredakan ketegangan saraf akibat mengalami tekanan yang berlebihan dan kuat. Endorfin juga menekan efek rasa nyeri di hati sebagai akibat dari tekanan seperti karena sakit hati, rasa terluka dan rasa terkhianati. Hormon ini membantu pula meredakan sakit kepala dan sakit karena menjelang haid. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.





HEMISFER KANAN BELAKANG DIAKTIFKAN OLEH
HORMON DOPAMIN

Hormon satu ini bekerja memicu tubuh menjadi lebih semangat dan bergairah dalam bekerja. Anda akan terbantu untuk lebih fokus, lebih tajam dalam berpikir, lebih cepat dalam menggerakan motorik, dan bahkan menajamkan penglihatan.
Untuk bisa meningkatkan produksi hormon dopamin biasanya Anda harus melakukan berbagai upaya terkait membantu melancarkan aliran darah seperti olahraga.




HEMISFER KIRI DEPAN DIAKTIFKAN OLEH
HORMON SEROTONIN

Ini adalah kunci dari mood baik dalam tubuh manusia. Ketika hormon ini diaktifkan seseorang akan terlihat lebih mudah tersenyum, tampak ceria, tidak mudah menggerutu, tidak mudah tertekan, dan lebih mudah untuk tidur. Hormon ini bisa menjadi krisis di saat seseorang mengalami depresi dan stress baik karena masalah pribadi, tekanan kerja berlebihan, dan rasa lelah. Bahkan kekurangan hormon ini dapat berakibat terjadinya amnesia.



HEMISFER KIRI BELAKANG DIAKTIFKAN OLEH
HORMON OKSITOSIN

Ini adalah sejenis hormon yang membangun efek nyaman dan bahagia dalam tubuh. Biasanya sangat terkait dengan rasa cinta. Mereka yang merasa dicintai denga baik cenderung memiliki jumlah hormon oksitosin yang tinggi.




Gambar diatas merupakan kutipan dari tulisan sahabat, abang, guru saya mas Taufiq (Ahmad Azzam) tentang Upgrade Your Brain. Pada tulisan ini saya menambahkan beberapa keterangan mengenai fungsi dari hormon yang mengaktifkan bagian-bagian otak.
Akhirul kalam semoga tulisan ini dapat bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar