Kamis, 15 Desember 2016

8 KECERDASAN DENGAN TIPENYA MASING-MASING



Prof. Howard Gardner membagi kecerdasan manusia menjadi 8 golongan, beliau juga yang memperluas pengertian kecerdasan yang tadinya sebatas matematika dan verbal menjadi lebih luas lagi.

8 KECERDASAN DENGAN TIPENYA MASING-MASING

1.    KECERDASAN LINGUISTIK
Yaitu kecerdasan berbahasa, kemampuan untuk mengolah kata-kata baik lisan atau tulisan. Serta mampu mengartikan tulisan dengan jelas. Orang dengan tipe ini memiliki hobby membaca, isi TTS, main scrable dll.
2.       KECERDASAN MATEMATIKA DAN LOGIKA
Kecerdasan mengolah angka dan logika, mampu membuat hipotesa dengan baik, membuat klasifikasi dan mampu menganalisa sebab akibat. Kemampuan ini mampu berpikir secara logika dan rasional.
3.       KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan yang mudah untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, temperamen, motivasi dan watak orang lain. Orang tipe ini dapat menghadapi orang lain dengan perhatian yang baik dan mendorong orang lain untuk menceritakan masalahnya.
4.       KECERDASAN MUSIKAL
Kecerdasan yang membuat orang mudah untuk menikmati, mengembangkan dan mengekspresikan musik serta suara. Orang tipe ini senang bersiul, mampu menghafasl nada dengan cepat dan suka bernyanyi sambil bekerja.
5.       KECERDASAN NATURALIS
Kecerdasan untuk menikmati dan memahami alam, memanfaatkan alam secara produktif serta dapat menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengelola alam dengan baik. Orang tipe ini mampu memahami tingkah binatang, mencintai lingkungan dan suka kegiatan outdoor.
6.       KECERDASAN KINETIK
Kecerdasan yang mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan dengan baik melalui gerak. Tipe orang ini menyukai olah raga dan kegiatan fisik.
7.       KECERDASAN VISUAL
Kecerdasan yang memiliki kepekaan terhadap visual, bentuk, warna, garis dan ruang. Tipe orang ini mampu membuat idenya menjadi bentuk sketsa yang jelas.
8.       KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan untuk mengenal diri sendiri. Tipe orang ini suka bekerja sendiri, cuek, dapat mengintrospeksi diri sendiri serta mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

So...apakah tipe kecerdasan anda. Apakah salah satu dari kedelapan tipe diatas atau bisa saja gabungan dari beberapa kecerdasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar